1.
Filsafat Ilmu
(2 SKS)
(PS 5101)
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa
memahami
hakekat ilmu pengetahuan
terutama dalam memahami arti sains, bagaimana sains diperoleh, dan bagaimana
memanfaatkan produk sains.
Membahas
dasar-dasar pengetahuan,
aliran-aliran filsafat, ontologi, epistemologi,
aksiologi, sarana berpikir ilmiah, sejarah perkembangan
sains, serta hakekat dan kegunaan ilmu pengetahuan
2.
Statistik (2 SKS)
(PS 5102)
Mahasiswa
mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep statistik dalam kegiatan
penelitian ilmiah. Materi kuliah meliputi peran statistik dalam kegiatan
penelitian ilmiah, statistik deskriptif, induktif (inferensial), ukuran
sampel, estimasi parameter, pengujian hipotesis: regresi sederhana dan ganda,
analisis varian satu dan dua jalur (ANAVA, ANACOVA),
analisis jalur, dan analisis faktorial dan praktek menggunakan aplikasi
program SPSS.
3. Biologi
Umum (2
SKS)
(PS 5103)
Mahasiswa
dapat memahami struktur, fungsi dan siklus sel,
aktifitas sel, metabolisme sel, materi genetik, ekspresi gen,
pemindahan bahan genetik, mutasi serta memahami karakteristik
organisme hidup dalam ekosistem
4. Kimia Umum
(2 SKS)
(PS 5104)
Mahasiswa mampu
menganalisis masalah-masalah dalam bidang ilmu kimia dan terapannya
berdasarkan pemahaman konsep
Green Chemistry. Kegiatan
perkuliahan berupa penugasan,
presentasi, diskusi untuk membahas tentang bahan pencegahan limbah , ekonomi
atom, sintesis kimia yang aman, desain proses kimia, bahan kimia terbarukan,
penggunaan pelarut dan katalis.
5. Fisika Umum
(2 SKS)
(PS 5105)
Mahasiswa memahami
fisika dan pengukuran, vektor, gerak satu dan dua dimensi, hukum-hukum
tentang gerak, gerak melingkar dan penerapannya, energi dan perpindahan,
momentum linear, rotasi benda tegar, momentum sudut, keseimbangan statis dan
elastisitas, gravitasi umum, mekanika fluida, osilasi dan gelombang mekanik,
listrik statis dan dinamis, gelombang elektromagnetik, optik geometri dan
instrumennya dan relativitas.
6.Praktikum
Biologi
(1 SKS)
(PS 5106)
Mahasiswa mampu
merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian sederhana yang meliputi
pengawetan dan penghitungan kepadatan microalgae, menghitung produktivitas
primer perairan, kualitas lingkungan dan peran tumbuhan sebagai indikator
lingkungan, keanekaragaman spesies suatu lokasi dan ciri pisces serta
insect, teknik mendapatkan kultur murni bakteri, pengecatan, analisis air,
sensitifitas antibiotik dan prosedur Kirby Bauer serta fermentasi.
7. Praktikum Kimia
(1 SKS)
(PS 5107)
Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan proyek
penelitian sederhana yang menekankan pada aspek analisis dan penentuan kadar
senyawa kimia dalam suatu bahan. Mahasiswa terampil menggunakan peralatan
praktikum dan mengolah serta menginterpretasikan data yang diperoleh serta
mampu mengkomunikasikan dalam bentuk lisan maupun tulisan.
8. Praktikum Fisika
(1
SKS)
(PS
5108)
Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian sederhana
menggunakan instruksi berbasis cookbooks,, menguasai cara kerja di
laboratorium, terampil menggunakan peralatan, mampu mengolah dan
menganalisis data dengan benar serta mampu mengkomunikasikan dalam bentuk
lisan maupun tulisan.
9.
Studi Mandiri
(2 SKS)
(PS 5 109)
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi masalah IPA dan pendidikan IPA serta mencari alternatif
pemecahannya sebagai dasar untuk mengembangkan rencana tugas akhir.
Kegiatan perkuliahan difokuskan pada proses pengkajian literatur
berupa artikel/jurnal hasil penelitian, laporan karya ilmiah, dan buku teks
yang relevan dengan bidang minat penelitian mahasiswa. Luaran mata kuliah
ini berupa makalah ilmiah dengan topik khusus.
10.
Pengembangan Kurikulum Pend. IPA(2 SKS)
(PS 5201)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa Magister
Pendidikan IPA dalam pengembangan kurikulum berbasis satuan pendidikan
(KTSP) sesuai dengan spesifikasi bidang keahlian masing-masing. Kemampuan
minimal yang diharapkan dicapai melalui proses perkuliahan adalah mahasiswa
mampu menyusun kurikulum bidang pendidikan IPA ditingkat satuan pendidikan
masing-masing. Materi pokok yang
diharapkan dikuasai mahasiswa adalah konsep dasar kurikulum,
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, kurikulum tingkat satuan
pendidikan, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum.
11.
Desain
dan Model Pembelajaran IPA (2SKS)
(PS 5202)
Mahasiswa memiliki kompetensi dalam mengembangkan
rancangan dan model-model pembelajaran serta aplikasinya dalam bidang minat
masing-masing.
Kemampuan minimal adalah mampu
mengembangkan perangkat mengacu pada model-model pembelajaran
tertentu. Materi pokok
meliputi
desain pembelajaran model Dick-Carey, model Kemp, model Four-D, pengertian
umum model, strategi, dan metode pembelajaran, model pembelajaran berbasis
inkuiri, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran berbasis
proyek, model perolehan konsep, dan model pembelajaran synektik, serta model
pembelajaran kooperatif.
12.
Metodologi Penelitian Pendidikan IPA
(2SKS) (PS 5203)
Mahasiswa memahami berbagai prinsip dan prosedur penelitian ilmiah baik
dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif sebagai dasar bagi
pengembangan kemampuan menyelesaikan tugas akhir (tesis). Matei pokok
meliputi hakekat penelitian ilmiah, langkah-langkah dalam penelitian ilmiah,
masalah penelitian, variabel penelitian, strategi pengkajian pustaka,
desain dan perancangan perangkat penelitian , pengumpulan dan analisis data
serta teknis penulisan karya
ilmiah. Akhir perkuliahan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis
yang berkualitas baik.
13.
Mikrobiologi (2SKS)
(PS 5204)
Mahasiswa memahami
proses
penemuan mikroba dan
orang-orang yang telah berjasa dalam penemuan mikroba; Struktur dan fungsi
sel prokariot;, system klasifikasi dan identifikasi mikroba; nutrisi dan
pertumbuhan mikroba; metabolisme mikroba; genetika mikroba; pengontrolan
pertumbuhan mikroba di lingkungan; infeksi dan cara penularan penyakit;
Mikroorganisme sebagai bagian dari
ekosistem.
14.
Biologi Lingkungan (2SKS)
(PS 5205)
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar mengenai Biologi lingkungan,
memberikan pemahaman
mengenai manajemen lingkungan dan konservasi melalui pemahaman tentang
mempelajari dasar ekologi, ekosistem, lingkungan, sumberdaya, dan konservasi,
polusi, bioindikator dan
bioremidiasi. Menganalisis
masalah lingkungan global: mencermati krisis ekologi, pencemaran,
ekotoksikologi, globalisasi kerusakan lingkungan. Perangkat lunak
pembangunan berkelanjutan: melestarikan lingkungan hidup dengan peranan
UUPLH, UUKSD, SML dalam ISO 14000, dan AMDAL. Serta
dapat menghubungkan antara kegiatan manusia dengan potensi-potensi
sumberdaya
Alam.
15.
Ekologi Perairan (2SKS)
(PS 5206)
Karakteristik morfometrik, tipologi dan sirkulasi nutrient utama
di berbagai tipe perairan. Kemampuan adaptasi dan toleransi biota
terhadap faktor
-faktor lingkungan fisik, kimia, dan
biologis yang mempengaruhi penyebaran fauna perairan pedalaman, pesisir, dan
laut. Pembahasan secara terinci komunitas daerah tropis ( terumbu karang,
lamun, mangrove, komunitas litoral, bentik).
Rehabilitasi habitat (habitat artifisial, reklamasi dan tempat perlindungan
biota). Aspek rekreasi dan pariwisata
pada perairan. Metode kulitatif dan kuantitatif untuk mempelajari
potensi ekosistem perairan.
16. Kimia Fisika
(2SKS)
(PS 5207)
Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
dalam bidang ilmu Kimia Fisika dan terapannya, berdasarkan pemahaman
terhadap konsep termodinamika, kesetimbangan kimia, kinetika kimia, katalis,
elektrokimia terapan, kimia koloid dan kimia permukaan.
17. Kimia Organik
(2SKS)
(PS 5208)
Mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang struktur molekul senyawa organik
(metabolit sekunder) dan gugus
fungsinya, reaksi-reaksi spesifik dan uji senyawa, serta peran dan fungsi
biomolekul dan rekayasa genetika
18. Kimia Anorganik
(2SKS)
(PS 5209)
Mahasiswa memahami struktur dan reaktifitas beberapa tipe senyawa anorganik
terutama senyawa kompleks dan molekul sederhana lainnya dalam larutan.
Perkuliahan menekankan pada hubungan antara struktur dan sifat-sifat yang
menyertainya serta reaktifitasnya dalam reaksi subtitusi dan reaksi redoks.
19.
Mekanika
(2SKS)
(PS 5210)
Mahasiswa memahami persamaan gerak, hukum-hukum konservasi, integrasi
persamaan gerak, tumbukan antar partikel, osilasi, gerak benda tegar dan
persamaan kanonik, mekanika statistik klasik dan statistik kuantum.
20. Gelombang dan
Optik
(2SKS)
(PS
5211)
Mahasiswa memahami teori gelombang, teori elektromagnetik, refleksi dan
refraksi, interferensi, optik geometri, analisis fourier, dispersi,
koherensi, difraksi Fraunhofer dan fresnel, holografi, anisotropi, modulasi
optik, optik nonlinear.
21. Elektrodinamika
(2SKS)
(PS
5212)
Mahasiswa memahami gaya Coulomb dan medan listrik, fluks listrik dan hukum
Gauss, energy dan potensial listrik sistem-sistem muatan, kuat arus, rapat
arus dan penghantar, kapasitansi dan bahan-bahan dielektrik, Hukum ampere
dan medan magnet, gaya dan torsi dalam medan magnet, induktansi dan
rangkaian magnetik, perpindahan arus
dan gaya gerak listrik imbas, persamaan-persamaan Maxwell dan
syarat-syarat batas, gelombang-gelombang elektromagnetik.
22.
Evaluasi
Pembelajaran IPA
(2SKS)
(PS
5301)
Mahasiswa memiliki kompetensi dalam merencanakan tes
dan nontes dalam bidang pendidikan IPA, serta aplikasinya dalam bidang minat
masing-masing. Kemampuan minimal yang diharapkan melalui proses perkuliahan
adalah mampu mengembangkan, memvalidasi dan menerapkannya dalam kegiatan
pembelajaran dan penelitian. Materi pokok
meliputi tes dan
nontes, pengukuran, validitas dan reliabilitas tes, pengolahan hasil tes,
pemanfaatan hasil tes untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian.
23.
Bioteknologi (2SKS)
(PS 5302)
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar
bioteknologi dan peranan ilmu pengetahuan lain yang mendukung perkembangan
bioteknologi, teknik dasar biologi molekuler, teknik dasar DNA rekombinan
dan aplikasinya dalam bioteknologi mikroba, tumbuhan dan hewan, serta
mengkomunikasikan dampak bioteknologi bagi sains, lingkungan dan masyarakat.
24. Kimia Analitik
(2SKS)
(PS 5303)
Mahasiswa
dapat menganalisis senyawa anorganik dan memisahkan senyawa organik yang
berasal dari sampel organik
maupun sampel anorganik. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep
yang mendasari cara-cara analisis sampel serta pemisahannya menggunakan
metode ekstraksi dan kromatografi dan spektroskopi.
25.
Fisika Modern (2SKS)
(PS 5304)
Mahasiswa memahami teori relativitas, eksperimen dasar pada teori kuantum,
struktur atom, sifat-sifat gelombang materi, teori kuantum, atom hidrogen,
atom berelektron banyak, fisika statistik, molekul dan zat padat, teori
semikonduktor, inti atom, interaksi inti dan aplikasinya, partikel elementer,
kosmologi.
26.
Seminar (1SKS)
(PS 5305)
Matakuliah ini bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa mampu mengembangkan
proposal tesis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang tertuang dalam buku
panduan penulisan tesis PSPIPA Unram serta mengkomunikasikannya dalam forum
ilmiah terbatas. Untuk dapat menghasilkan proposal yang berkualitas baik,
maka proses penulisan proposal dilaksanakan
di bawah bimbingan dosen pembimbing tesis yang telah ditetapkan
27.
Pemantapan Kemampuan Mengajar
(2SKS)
(PS 5306)
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam
mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan
menerapkannya menggunakan pendekatan lesson study sesuai bidang minat
masing-masing. Kemampuan minimal yang diharapkan dicapai melalui proses
perkuliahan adalah mahasiswa mampu mengembangkan perangkat pembelajaran
berbasis pendidikan karakter dan menerapkannya dalam bentuk lesson study.
Materi pokok yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah konsep dan penerapan
lesson study, pendidikan karakter, pengembangan silabus, pengembangan
RPP, pengembangan media, pengembangan LKS, pengembangan bahan ajar, dan
pengembangan sistem evaluasi.
28.
Tesis
(6SKS)
(PS 5401)
Pengembangan Tesis ditujukan
untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat menyusun karya ilmiah sebagai tugas
akhir. Tesis merupakan suatu bentuk karya tulis akademik yang berkaitan
dengan masalah penguasaan/penerapan ilmu dan hasil penelitian yang
didasarkan pada metodologi dan kaidah-kaidah karya ilmiah di bawah bimbingan
dosen pembimbing. Tesis merupakan salah satu syarat
untuk memperoleh gelar Magister Pendidikan IPA (M.Pd).
0 komentar:
Posting Komentar
Tulis Komentar Anda