Situs Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram yang baru adalah http://www.magisteripa-unram.ac.id dan mulai berlaku tanggal 1 Januari 2014

DESKRIPSI MATAKULIAH



1. Filsafat Ilmu  (2 SKS)                                              (PS 5101)
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami hakekat ilmu pengetahuan terutama dalam memahami arti sains, bagaimana sains diperoleh, dan bagaimana memanfaatkan produk sains. Membahas dasar-dasar  pengetahuan, aliran-aliran filsafat, ontologi, epistemologi, aksiologi, sarana berpikir ilmiah, sejarah perkembangan sains, serta hakekat dan kegunaan ilmu pengetahuan

2. Statistik (2 SKS)                                                       (PS 5102)
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep statistik dalam kegiatan  penelitian ilmiah. Materi kuliah meliputi peran statistik dalam kegiatan penelitian ilmiah, statistik deskriptif, induktif (inferensial), ukuran sampel, estimasi parameter, pengujian hipotesis: regresi sederhana dan ganda, analisis varian satu dan dua jalur (ANAVA, ANACOVA), analisis jalur, dan analisis faktorial dan praktek menggunakan aplikasi program SPSS.

3. Biologi Umum (2 SKS)                                            (PS 5103)
Mahasiswa dapat memahami struktur, fungsi dan siklus sel,  aktifitas sel, metabolisme sel, materi genetik, ekspresi gen,  pemindahan bahan genetik, mutasi serta memahami karakteristik organisme hidup dalam ekosistem
  
4. Kimia Umum (2 SKS)                                            (PS 5104)
Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah dalam bidang ilmu kimia dan terapannya  berdasarkan pemahaman konsep Green Chemistry. Kegiatan perkuliahan  berupa penugasan, presentasi, diskusi untuk membahas tentang bahan pencegahan limbah , ekonomi atom, sintesis kimia yang aman, desain proses kimia, bahan kimia terbarukan, penggunaan pelarut dan katalis. 

5. Fisika Umum (2 SKS)                                             (PS 5105)
Mahasiswa memahami fisika dan pengukuran, vektor, gerak satu dan dua dimensi, hukum-hukum tentang gerak, gerak melingkar dan penerapannya, energi dan perpindahan, momentum linear, rotasi benda tegar, momentum sudut, keseimbangan statis dan elastisitas, gravitasi umum, mekanika fluida, osilasi dan gelombang mekanik, listrik statis dan dinamis, gelombang elektromagnetik, optik geometri dan instrumennya dan relativitas.

6.Praktikum  Biologi (1 SKS)                                  (PS 5106)
Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian sederhana yang meliputi pengawetan dan penghitungan kepadatan microalgae, menghitung produktivitas primer perairan, kualitas lingkungan dan peran tumbuhan sebagai indikator lingkungan, keanekaragaman spesies suatu lokasi dan ciri pisces serta insect, teknik mendapatkan kultur murni bakteri, pengecatan, analisis air, sensitifitas antibiotik dan prosedur Kirby Bauer serta fermentasi.
   
7. Praktikum Kimia (1 SKS)                                       (PS 5107)
Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian sederhana yang menekankan pada aspek analisis dan penentuan kadar senyawa kimia dalam suatu bahan. Mahasiswa terampil menggunakan peralatan praktikum dan mengolah serta menginterpretasikan data yang diperoleh serta mampu mengkomunikasikan dalam bentuk lisan maupun tulisan.

8. Praktikum Fisika (1 SKS)                                      (PS 5108)
Mahasiswa mampu merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian sederhana menggunakan instruksi berbasis cookbooks,, menguasai cara kerja di laboratorium, terampil menggunakan peralatan, mampu mengolah dan menganalisis data dengan benar serta mampu mengkomunikasikan dalam bentuk lisan maupun tulisan.

9. Studi Mandiri (2 SKS)                                            (PS 5 109)
Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah IPA dan pendidikan IPA serta mencari alternatif pemecahannya sebagai dasar untuk mengembangkan rencana tugas akhir.  Kegiatan perkuliahan difokuskan pada proses pengkajian literatur berupa artikel/jurnal hasil penelitian, laporan karya ilmiah, dan buku teks yang relevan dengan bidang minat penelitian mahasiswa. Luaran mata kuliah ini berupa makalah ilmiah dengan topik khusus.
  
10. Pengembangan Kurikulum Pend. IPA(2 SKS)   (PS 5201)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa Magister Pendidikan IPA dalam pengembangan kurikulum berbasis satuan pendidikan (KTSP) sesuai dengan spesifikasi bidang keahlian masing-masing. Kemampuan minimal yang diharapkan dicapai melalui proses perkuliahan adalah mahasiswa mampu menyusun kurikulum bidang pendidikan IPA ditingkat satuan pendidikan masing-masing. Materi pokok  yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah konsep dasar kurikulum,  prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum.     
11.  Desain dan Model Pembelajaran IPA (2SKS)   (PS 5202)
Mahasiswa memiliki kompetensi dalam mengembangkan rancangan dan model-model pembelajaran serta aplikasinya dalam bidang minat masing-masing. Kemampuan minimal adalah mampu mengembangkan perangkat mengacu pada model-model pembelajaran tertentu. Materi pokok meliputi desain pembelajaran model Dick-Carey, model Kemp, model Four-D, pengertian umum model, strategi, dan metode pembelajaran, model pembelajaran berbasis inkuiri, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran berbasis proyek, model perolehan konsep, dan model pembelajaran synektik, serta model pembelajaran kooperatif.
12. Metodologi Penelitian Pendidikan IPA (2SKS)  (PS 5203)
Mahasiswa memahami berbagai prinsip dan prosedur penelitian ilmiah baik dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif sebagai dasar bagi pengembangan kemampuan menyelesaikan tugas akhir (tesis). Matei pokok meliputi hakekat penelitian ilmiah, langkah-langkah dalam penelitian ilmiah,  masalah penelitian, variabel penelitian, strategi pengkajian pustaka, desain dan perancangan perangkat penelitian , pengumpulan dan analisis data serta  teknis penulisan karya ilmiah. Akhir perkuliahan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis yang berkualitas baik.
13.  Mikrobiologi  (2SKS)                                           (PS 5204)
Mahasiswa memahami  proses penemuan mikroba dan orang-orang yang telah berjasa dalam penemuan mikroba; Struktur dan fungsi sel prokariot;, system klasifikasi dan identifikasi mikroba; nutrisi dan pertumbuhan mikroba; metabolisme mikroba; genetika mikroba; pengontrolan pertumbuhan mikroba di lingkungan; infeksi dan cara penularan penyakit; Mikroorganisme sebagai bagian dari  ekosistem.


14. Biologi Lingkungan (2SKS)                                  (PS 5205)
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar mengenai Biologi lingkungan, memberikan pemahaman mengenai manajemen lingkungan dan konservasi melalui pemahaman tentang mempelajari dasar ekologi, ekosistem, lingkungan, sumberdaya, dan konservasi, polusi, bioindikator  dan bioremidiasi.  Menganalisis masalah lingkungan global: mencermati krisis ekologi, pencemaran, ekotoksikologi, globalisasi kerusakan lingkungan. Perangkat lunak pembangunan berkelanjutan: melestarikan lingkungan hidup dengan peranan UUPLH, UUKSD, SML dalam ISO 14000, dan AMDAL. Serta dapat menghubungkan antara kegiatan manusia dengan potensi-potensi sumberdaya Alam.

15. Ekologi Perairan (2SKS)                                       (PS 5206)
Karakteristik morfometrik, tipologi dan sirkulasi nutrient utama  di berbagai tipe perairan. Kemampuan adaptasi dan toleransi biota terhadap faktor -faktor lingkungan fisik, kimia, dan biologis yang mempengaruhi penyebaran fauna perairan pedalaman, pesisir, dan laut. Pembahasan secara terinci komunitas daerah tropis ( terumbu karang, lamun, mangrove, komunitas litoral, bentik). Rehabilitasi habitat (habitat artifisial, reklamasi dan tempat perlindungan biota). Aspek rekreasi dan pariwisata pada perairan. Metode kulitatif dan kuantitatif untuk mempelajari potensi ekosistem perairan.

16. Kimia Fisika (2SKS)                                              (PS 5207)
Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang ilmu Kimia Fisika dan terapannya, berdasarkan pemahaman terhadap konsep termodinamika, kesetimbangan kimia, kinetika kimia, katalis, elektrokimia terapan, kimia koloid dan kimia permukaan.
  
17. Kimia Organik (2SKS)                                          (PS 5208)
Mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang struktur molekul senyawa organik   (metabolit sekunder) dan gugus fungsinya, reaksi-reaksi spesifik dan uji senyawa, serta peran dan fungsi biomolekul dan rekayasa genetika
 
18. Kimia Anorganik (2SKS)                                     (PS 5209)
Mahasiswa memahami struktur dan reaktifitas beberapa tipe senyawa anorganik terutama senyawa kompleks dan molekul sederhana lainnya dalam larutan. Perkuliahan menekankan pada hubungan antara struktur dan sifat-sifat yang menyertainya serta reaktifitasnya dalam reaksi subtitusi dan reaksi redoks.

19.  Mekanika (2SKS)                                                  (PS 5210)
Mahasiswa memahami persamaan gerak, hukum-hukum konservasi, integrasi persamaan gerak, tumbukan antar partikel, osilasi, gerak benda tegar dan persamaan kanonik, mekanika statistik klasik dan statistik kuantum.

20. Gelombang dan Optik (2SKS)                              (PS 5211)
Mahasiswa memahami teori gelombang, teori elektromagnetik, refleksi dan refraksi, interferensi, optik geometri, analisis fourier, dispersi, koherensi, difraksi Fraunhofer dan fresnel, holografi, anisotropi, modulasi optik, optik nonlinear.
  
21. Elektrodinamika (2SKS)                                       (PS 5212)
Mahasiswa memahami gaya Coulomb dan medan listrik, fluks listrik dan hukum Gauss, energy dan potensial listrik sistem-sistem muatan, kuat arus, rapat arus dan penghantar, kapasitansi dan bahan-bahan dielektrik, Hukum ampere dan medan magnet, gaya dan torsi dalam medan magnet, induktansi dan rangkaian magnetik, perpindahan arus  dan gaya gerak listrik imbas, persamaan-persamaan Maxwell dan syarat-syarat batas, gelombang-gelombang elektromagnetik.

22.  Evaluasi Pembelajaran IPA  (2SKS)                   (PS 5301)
Mahasiswa memiliki kompetensi dalam merencanakan tes dan nontes dalam bidang pendidikan IPA, serta aplikasinya dalam bidang minat masing-masing. Kemampuan minimal yang diharapkan melalui proses perkuliahan adalah mampu mengembangkan, memvalidasi dan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian. Materi pokok  meliputi tes dan nontes, pengukuran, validitas dan reliabilitas tes, pengolahan hasil tes, pemanfaatan hasil tes untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian. 
 
23.  Bioteknologi (2SKS)                                           (PS 5302)
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar bioteknologi dan peranan ilmu pengetahuan lain yang mendukung perkembangan bioteknologi, teknik dasar biologi molekuler, teknik dasar DNA rekombinan dan aplikasinya dalam bioteknologi mikroba, tumbuhan dan hewan, serta mengkomunikasikan dampak bioteknologi bagi sains, lingkungan dan masyarakat.
 
24. Kimia Analitik (2SKS)                                        (PS 5303)
Mahasiswa dapat menganalisis senyawa anorganik dan memisahkan senyawa organik yang berasal dari sampel organik  maupun sampel anorganik. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep yang mendasari cara-cara analisis sampel serta pemisahannya menggunakan metode ekstraksi dan kromatografi dan spektroskopi. 

25.  Fisika Modern (2SKS)                                       (PS 5304)
Mahasiswa memahami teori relativitas, eksperimen dasar pada teori kuantum, struktur atom, sifat-sifat gelombang materi, teori kuantum, atom hidrogen, atom berelektron banyak, fisika statistik, molekul dan zat padat, teori semikonduktor, inti atom, interaksi inti dan aplikasinya, partikel elementer, kosmologi.

26. Seminar (1SKS)                                                   (PS 5305)
Matakuliah ini bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa mampu mengem­bangkan proposal tesis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang tertuang dalam buku panduan penulisan tesis PSPIPA Unram serta mengkomu­nikasikannya dalam forum ilmiah terbatas. Untuk dapat menghasilkan proposal yang berkualitas baik, maka proses penulisan proposal dilaksanakan  di bawah bimbingan dosen pembimbing tesis yang telah ditetapkan

27. Pemantapan Kemampuan Mengajar    (2SKS) (PS 5306)
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan menerapkannya menggunakan pendekatan lesson study sesuai bidang minat masing-masing. Kemampuan minimal yang diharapkan dicapai melalui proses perkuliahan adalah mahasiswa mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan menerapkannya dalam bentuk lesson study. Materi pokok yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah konsep dan penerapan lesson study, pendidikan karakter, pengembangan silabus, pengembangan RPP, pengembangan media, pengembangan LKS, pengembangan bahan ajar, dan pengembangan sistem evaluasi.

28. Tesis  (6SKS)                                                        (PS 5401)
Pengembangan Tesis ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat menyusun karya ilmiah sebagai tugas akhir. Tesis merupakan suatu bentuk karya tulis akademik yang berkaitan dengan masalah penguasaan/penerapan ilmu dan hasil penelitian yang didasarkan pada metodologi dan kaidah-kaidah karya ilmiah di bawah bimbingan dosen pembimbing. Tesis merupakan salah satu syarat  untuk memperoleh gelar Magister Pendidikan IPA (M.Pd).

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda